KABAR BERMAKNA HANYA MENGEKSPOS INFO PENTING DAN BERMAKANA

Tuesday, September 17, 2013


Organisasi Penyelenggaraan Kafetaria Sekolah


Penyelenggaraan kafetaria sekolah yang baik tentunya melibatkan semua unsur sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, guru-guru juga ikut memikirkan program-program kafetaria sekolah yang dapatdimanfaatkan untuk pencapaian tujuan pengajaran. 

Disamping itu perl juga menetapkan personil-personil sekolah yang secara langsung menangani penyelenggaraan kafetaria.
a.        Kepala Sekolah (Wakil Kepala Sekolah): menentuka kebijakan, mengawasi, dan memberikan supervise untuk kelancaran usaha kafetaria;
b.       Manajer Kafetaria: melaksanakan kebijakan kepala sekolah; bertanggung jawab atas kegiatan kafetaria sehari-hari;
c.        Bendahara: mempertanggungjawabkan semua pemasukan dan pengeluaran keuangan kepada manajer; membuat laporan keuangan (harian/bulanan/tahunan);
d.       Bagian Pembelian: bertanggung jawab atas penyediaan dan pengadaan bahan makanan sebelum diproduksi;
e.        Bagian Penjuala: bertanggung jawab atas penjualan dan pelayanan makanan, dan membuat laporan kepada bagian keuangan (bendahara);
f.        Bagian Produksi: bertanggung jawab atas menu dan pengolahan makanan yang disajikan di kafetaria; membuat laporan kepada bagian penjualan dan bagian keuangan
g.       Bagian Kebersihan: bertanggungjawab atas kebersihan peralatan dan lingkungan kafetaria
h.       Bagian Keamanan: bertangungjawab atas keamanan barang-barang milik kafetaria dan juga milik pembeli
Tentunya bagan struktur kafetaria di atas, khususnya jumlah “bagian” yang ada di suatu kafetaria, sangat tergantung pada besar atau kecilnya suatu kafetaria sekolah. Semakin besar suatu kafetaria sekolah, semakin banyak dibutuhkan “bagian-bagian” tersebut. 
Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimankeberadaan kafetaria di suatu sekolah, tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan makan dan minum siswa, namun juga dapat sebagai wahana untuk mendidik siswa tentang kesehatan, kebersihan, kejujuran, saling menghargai, dan sebagainya. 


0 comments: