Semua metode mengajar sama. Semua
mendeskripsikan kegiatan belajar-mengajar daya upaya mencapai tujuan pembelajaran.
Metode mengajar mendeskripsikan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses
belajar. Metode mengajar mendeskripsikan pengalaman belajar siswa yang
berproses sehingga jelas pentahapannya. Dari metode dapat kita lihat
bagaimana pengalaman belajar siswa berkembang sehingga siswa menguasai
pengetahuan, meningkatkan keterampilan dan menguatkan sikap yang terbentuk
melalui proses belajar.
Tiap metode memiliki kebermaknaan tertentu terhadap hasil belajar siswa. Namun semua bergantung pada guru juga yang menggunakan metode. Bergantung pada keterampilannya menggunakan metode, berbatung pada factor-faktor lain yang mendukung kegiatan pembelajaran.
Yang cukup menyulitkan guru adalah memilih metode mengajar yang paling sesuai dengan materi pelajaran serta sesuai dengan harapan siswa seingga dapat mengembangkan potensi belajarnya secara optimal. Siswa menyukainya karena metode sesuai dengan gaya mengajar dan suasana belajar. Motivasi belajar siswa meningkat karena siswa menyukai cara guru berinteraksi.
Di bawah ini terdapat sejumlah metode yang sangat populer yang dapat dipertimbangkan untuk membuat pembelajaran lebih aktif dan menggunakan metode yang lebih variatif. Berikut analisis dari sisi kelibihan dan kekurangannya, serta hal-hal yang perlu guru persiapkan sebelam pelaksanaan pembelajaran dimulai. Sejumlah metode di bawah ini dimuat pada penulisnya menyatakan bahwa urutan itu dikembangkan begitu saja tanpa memperhatikan adanya prioritas tertentu atau karena pertimbangan-pertimbangan tertentu.www.adprima.com/teachmeth.htm
Tatap Muka (Directing Teaching)
Belajar Bersama (Kooperatif Learning)
Metode Guru
Ceramah-Diskusi
Tiap metode memiliki kebermaknaan tertentu terhadap hasil belajar siswa. Namun semua bergantung pada guru juga yang menggunakan metode. Bergantung pada keterampilannya menggunakan metode, berbatung pada factor-faktor lain yang mendukung kegiatan pembelajaran.
Penggunaan metode mengajar dapat
dibagi dalam dua kategori, yaitu, langsung dan tak langsung. Pengkategorian ini
jika diurai lebih lanjut keadaannya jauh sedikit lebih rumit daripada
yang dapat dilihat secara sepintas. Tiap metode pembelajaran memiliki
kelebihan, kekurangan, serta membutuhkan persiapan awal yang berbeda-beda.
Kelebihan dan kekurangan bisa juga secara alami karena terkait erat pada metode
yang lain.
Guru perlu memiliki keterampilan khusus untuk mengaitkan tiap metode yang digunakan untuk memudahkan siswa menyerap materi pelajaran.
Guru perlu memiliki keterampilan khusus untuk mengaitkan tiap metode yang digunakan untuk memudahkan siswa menyerap materi pelajaran.
Kita tahu pula bahwa metode
pembelajaran adalah “benar” untuk pelajaran tertentu. Itu sangat bergantung
pada banyak hal. Di antaranya, usia siswa, tingkat perkembangan siswa,
pengetahuan yang sudah siswa kuasai sebelumnya, di samping itu,
bergantung pula pada materi yang harus siswa kuasai, pada mata pelajaran apa,
SK-dan KD apa, dan indicator pembelajaran seperti apa, ketersediaan waktu,
sumber belajar yang tersedia, serta waktu belajar yang digunakan seperti pagi,
siang, sore dsb.
Yang cukup menyulitkan guru adalah memilih metode mengajar yang paling sesuai dengan materi pelajaran serta sesuai dengan harapan siswa seingga dapat mengembangkan potensi belajarnya secara optimal. Siswa menyukainya karena metode sesuai dengan gaya mengajar dan suasana belajar. Motivasi belajar siswa meningkat karena siswa menyukai cara guru berinteraksi.
Sekali pun guru dapat memilih metode
yang paling sesuai, namun tak ada satu pun metode yang berhak mendapat
julukan terbaik. Oleh karena itu, guru perlu mempertimbangkan dan
menganalisis karakteristik khas tiap metode. Dengan memhami itu maka guru
terbantu memilih keputusan terbaik.
Di bawah ini terdapat sejumlah metode yang sangat populer yang dapat dipertimbangkan untuk membuat pembelajaran lebih aktif dan menggunakan metode yang lebih variatif. Berikut analisis dari sisi kelibihan dan kekurangannya, serta hal-hal yang perlu guru persiapkan sebelam pelaksanaan pembelajaran dimulai. Sejumlah metode di bawah ini dimuat pada penulisnya menyatakan bahwa urutan itu dikembangkan begitu saja tanpa memperhatikan adanya prioritas tertentu atau karena pertimbangan-pertimbangan tertentu.www.adprima.com/teachmeth.htm
Tatap Muka (Directing Teaching)
Kelebihan
|
Kekuarangan
|
Yang
Perlu Guru Persiapkan
|
|
|
|
Belajar Bersama (Kooperatif Learning)
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Yang
Perlu Guru Persiapkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Metode Guru
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Yang
Perlu Guru Persiapkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
||
|
Ceramah-Diskusi
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Yang
Perlu Guru Persiapkan
|
|
|
|
|
|
|
|
Menghadirkan Pakar
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Yang
Perlu Guru Persiapkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment